DWI FEBRIAN ARIOS

Susunan kabinet dalam lebah


Ternyata ada susunan pemerintahan dalam kabinet perlebahan ,bukan hanya pemerintahan kita.

-Ratu lebah ( Queen bee )
Khusus untuk Ratu lebah berikut fasenya:
Fase telur ( 3 hari )
Sama dengan lebah lainnya,fase telur sang ratu adalah 3 hari.
Fase larva ( 5 1/2 hari )
Perubahan terjadi di hari ke-3 pada fase larva,yaitu ketika lebah lain berhenti mengkomsumsi royal jelly,sang ratu terus diberikan royal jelly selama fase larva.
Fase Pupa ( 7 1/2 hari )
Selnya ditutupi dengan royal jelly selama fase pupa.Setelah 16 hari ratu lebah dewasa akan menetas.

Disetiap sarang lebah hanya akan terdapat satu ekor ratu lebah diantara koloni lebah yang jumlahnya mencapai 80.000 ekor .Secara genetik,sang ratu lebah bertanggung jawab untuk mengkontribusikan karakteristiknya pada lebah lainnya yang terdapat di sarang lebah.Oleh karena itu,lebah yang terdapat di sarang,sudah pasti"terbentuk dari elemen yang sama"dengan sang ratu lebah.

Ciri-ciri ratu lebah :
  • Mengonsumsi royal jelly sepanjang hidupnya
  • Hidup 40 kali labih lama dibandingkan lebah pekerja,kira-kira 4 hingga 6 tahun.
  • Tumbuh 40% lebih besar dibandingkan lebah pekerja
  • Bertelur ( ribuan )setiap harinya.
  • Aktif secara seksual.
  • Membuthkan 16 hari untuk berkembang.
-Lebah perawat ( nurse bee )
Lebah perawat adalah lebah pekerja khusus yang merawat ratu lebah dan anak-anaknya atau larva.Mereka bertanggung jawab untuk memproduksi royal jelly,bee pollen dan madu.

-Lebah pencari ( scout bees )
Lebah pencari adalah lebah yang mencari sumber-sumber pollen nektar dan propolis.Ketika mereka menemukan sumber makanan yang terbaik,mereka akan kembali ke sarang dan menginformasikan kepada lebah pengumpul.Kemudian,lebah pergi untuk mengumpulkan makanan tersebut.

-Lebah pengumpul ( collecter bees )
Ketika mengumpulkan pollen dari bunga-bunga, lebah pengumpul hanya akan mengunjungi tipe bunga yang sama hingga semua pollen habis terkumpul.Pada saat lebah mengumpulkan pollen, ia juga mencampurkannya dengan sedikit madu dari mulutnya dan kemudian memberntuk gumpalan pollen yang akan disimpan dalam kantong yang terdapat di kaki lebah.
Lebah pengumpul menghisap nektar dari bunga-bunga dengan lidah mereka yang panjang.Mereka hanya mengunjungi bunga dari spesies yang sama dalam satu putaran pengumpulan,untuk memastikan bahwa nektar yang dikumpulkan berasal dari satu sumber yang sama.
Nektar yang terkumpul kemudian disimpan dalam sel madu yang terbuka.Sel-sel ini akan tetap terbuka hingga nektar menguap dan terbentuk cairan madu yang kental dan matang.

-Lebah jantan ( drones )
Lebah pejantan adalah satu-satunya lebah jantan yang terdapat di sarang lebah dan hanya bertugas untuk membuahi sang ratu lebah.Enam belas hari setelah ratu lebah terkahir, ia terbang ke tempat lebah jantan yang telah menunggu kedatangannya.Setelah membuahi sang ratu,lebah jantan ini kemudian mati.
print this page Print this page

0 komentar:

Posting Komentar